Pengalaman Menggunakan LinkedIn

LinkedIn merupakan jejaring sosial yang diperuntukan bagi kalangan professional. Alhasil, mengoptimalkan LinkedIn untuk “menjual diri” secara online pun lebih memungkinkan.

Setidaknya ada 3 manfaat dari LinkedIn.

  1. Untuk membuat profil professional kita secara online dan membangun jaringan dengan yang lainnya.
  2. Mengenal orang lain yang belum kita kenal melalui jaringan orang-orang professional yang kita kenal.
  3. Menemukan hubungan baru, mengenal professi seseorang, dan keberadaan sebuah perusahaan.

Tidak peduli apa jenis pekerjaan atau jenis usaha kita, LinkedIn dapat bermanfaat untuk :

  1. Mendemonstrasikan keahlian melalui konten yang kita posting di bagian jawaban situs tersebut, dengan melalui pertanyaan terbuka yang diajukan oleh orang lain di situs tersebut dan menjawab pertanyaan yang ada dengan jawaban yang sesuai dengan keahlian kita.
  2. Menghubungkan dengan profesional seperti kita di grup yang bersangkutan. Melalui grup, kita dapat berdiskusi pada topik yang sesuai dengan profesi kita agar dapat terhubung dengan para professional lainnya.
  3. Membantu upaya optimasi mesin pencari kita. Mesin pencari seperti Google menyukai inbound link. Halaman profil pribadi kita dan halaman perusahaan dapat memberikan tautan (link) ke website kita, ini dapat memberikan kita peringkat yang lebih tinggi di dunia Google.
  4. Mendapatkan informasi terbaru yang berhubungan dengan profesi kita. Dengan menggunakan LinkedIn, kita bisa mendapatkan berita terbaru yang dikirimkan langsung ke inbox dan / atau di bagian atas layar setiap kali kita login.

Saya mengisikan profil di LinkedIn dengan data yang benar dan lengkap. Beberapa waktu kemudian saya mendapatkan email dari LinkedIn yang berisi daftar perusahaan yang sedang mencari karyawan seperti saya.

Berikut ini adalah bukti email yang saya capture :

Pada capture tersebut jelas terlihat bahwa terdapat daftar perusahaan yang sedang mencari karyawaan seperti saya, dan yang saya capture itu hanya beberapa dari sekian banyak daftar perusahaan yang sedang mencari keryawaan seperti saya yang masuk di inbox email saya. Email tersebut saya dapat dari LinkedIn.

Dengan demikian, memudahkan saya dalam mendapatkan daftar perusahaan untuk saya melamar pekerjaan.

Itulah pengalaman saya selama menggunakan sosial media LinkedIn. Profil LinkedIn saya bisa dilihat DISINI

Leave us a Comment

logged inYou must be to post a comment.